Banyak Diantara Kita yang Melupakan Dirinya Sendiri

image

SAAT ini banyak di antara kita yang memberikan nasihat-nasihat kepada orang lain, tapi ternyata kita hanya pandai menyampaikannya kepada orang lain tanpa pernah bisa menyampaikannya kepada diri kita sendiri. Apa maksudnya?

Saat ini, banyak di antara kita yang pandai dalam ilmu agama kemudian menyampaikan nasihat-nasihat agama dengan retorika yang begitu menggugah, atau
dengan diksi-diksi yang mampu membuat mata menangis. Namun, berapa banyak di antara kita yang mampu menasihati diri kita sendiri?

Dalam surat cinta-Nya Allah telah berfirman,

“Mengapa kamu menyuruh orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedangkan kamu melupakan dirimu sendiri, padahal kamu membaca kitab (Taurat)? Tidakkah kamu mengerti?” (QS. Al-Baqarah: 44)

Banyak di antara kita yang menyuruh berbuat kebaikan pada orang lain, tapi ternyata melupakan dirinya sendiri. Padahal, hal yang pertama harus kita lakukan ketika mendapatkan ilmu baru adalah mengamalkannya untuk diri sendiri, lalu setelah kita paham dan mampu mengamalkannya barulah kita sampaikan kepada orang lain.

Yang sering kita lakukan ketika mendapat ilmu baru adalah menyampaikannya kepada orang lain, karena kita pikir orang tersebutlah yang pantas mendapatkan nasihati dengan ilmu tersebut. Padahal, bisa jadi ilmu tersebut lebih pantas untuk diri kita sendiri tanpa kita sadari.

Kita tidak pernah mempunyai hak untuk menghakimi kesalahan orang lain. Karena bisa jadi, keburukan kita lebih tebal dari keburukan orang lain. Instropeksi merupakan hal yang harus kita lakukan sebelum kita menghakimi sikap orang lain.

Semoga Allah jadikan kita semua orang-orang yang senantiasa menasihati diri sendiri sebelum menghakimi orang lain. Sehingga kita tidak lupa dengan diri kita sendiri. [hd/islampos]

Sumber : https://www.islampos.com/mengapa-kamu-melupakan-dirimu-sendiri-252141/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s